Cara Mudah Menghafal Kunci Balok pada Gitar

Bagi seseorang yang sedang belajar musik, pastinya harus mengerti notasi balok. Meskipun terlihat rumit, jika Anda mengerti dan hafal kunci balok, memainkan gitar menjadi lebih mudah. Berikut cara mudah menghafal kunci balok pada gitar yang bisa Anda pelajari sebelum memainkannya.

[ez-toc]

Cara Bermain Kunci Balok pada Gitar

Bermain kunci balok pada dasarnya adalah memainkan dawai gitar dengan cara menempelkan jari pada dawai pertama hingga dawai kelima atau keenam.

Sebenarnya semua bunyi yang dihasilkan oleh semua dawai pada gitar adalah sama, yang membedakannya adalah karakter pada kunci balok yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan hampir semua dawai dimainkan secara bersamaan.

Cara Mudah Menghafal Kunci Balok pada Gitar

Agar dapat dengan mudah memainkan kunci balok pada gitar, Anda bisa memperhatikan jari tangan Anda yang hampir sama dengan paranada yang memiliki 4 spasi dan 5 baris. Dengan menggunakan jari tangan akan dengan mudah menghafalkan letak notasi balok yang ingin dimainkan. Cara mudah menghafal kunci balok ini dapat Anda pelajari sendiri secara otodidak dengan kunci tidak mudah menyerah.

Baca juga

Agar mudah dalam menghafal kunci balok pada gitar, ada beberapa panduan yang bisa Anda pelajari. Nah, berikut ini panduan menghafal kunci balok pada gitar.

  1. Kunci C berada di garis bantu, yaitu di bawah ibu jari
  2. Kunci D berada persis di bawah ibu jari
  3. Kunci E berada di ibu jari
  4. Kunci F berada di bawah jari telunjuk
  5. Kunci G berada tepat di jari telunjuk
  6. Kunci A berada tepat di bawah jari tengah
  7. Kunci B berada tepat di jari tengah
  8. Kunci C1 berada tepat di bawah jari manis
  9. Kunci D1 berada tepat di jari manis
  10. Kunci E1 berada di bawah jari kelingking
  11. Kunci F1 berada tepat di jari kelingking
  12. Kunci G1 berada tepat di atas jari kelingking
  13. Kunci A1 berada digaris bantu, yaitu di atas jari kelingking

Tips Memainkan Kunci Balok pada Gitar

Salah satu kunci agar bisa memainkan gitar adalah dengan cara menghafal not balok. Selain itu adalah dengan melatih jari-jari agar tidak pegal saat menekan jari pada dawai gitar.

tips memainkan kunci balok pada gitar

Nah, agar lebih mudah dalam memainkan kunci balok, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengurangi jumlah dawai yag ditekan dengan tidak menekan dawai bass. Nah, agar mudah dalam menekan dawai gitar, Anda bisa menekan kunci balok berikut.

  1. Kunci F, jari telunjuk hanya menekan dawai pertama dan kedua saja.
  2. Kunci B dan Bm hanya menekan dawai pertama saja.
  3. Kunci Fm, jari telunjuk hanya menekan dawai pertama dan ketiga saja.

Baca Juga

Nah, itulah cara mudah menghafal kunci balok. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk memainkan gitar dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *