Apa Itu WordPress?

Taukah Sobat Apa Itu WordPress? Apa saja kelebihan wordpress?

Cukup terkenal sebagai platform membuat website, banyak yang tidak tahu apa itu WordPress? WordPress adalah platform pembuatan website yang ditemukan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Setelah ditutupnya b2/cafeblog, keduanya memutuskan untuk membuat perangkat lunak dengan fitur serupa. Akhirnya pada tahun 2004 mereka meluncurkan WordPress 1.0 yang memiliki fungsi dasar sama dengan beberapa modifikasi.

[ez-toc]

Apa Itu WordPress?

WordPress termasuk ke dalam software yang bersifat open source atau dapat digunakan secara gratis. Jika menggunakannya, bahkan Anda dapat mengubah tampilan website sesuai keperluan.

apa itu wordpress, apa saja kelebihan wordpress

WordPress juga menyediakan plugin dan theme untuk menjadikan tampilannya tampak lebih menarik dengan fitur yang lengkap.

WordPress merupakan sistem manajemen konten atau content management system (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. CMS sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan pengguna yang belum menguasai bahasa pemrograman serta istilah teknis untuk membuat dan mengelola situs dan konten.

Baca juga

WordPress digunakan oleh sekitar 30% pengguna website di dunia, termasuk perusahaan terkenal seperti SONY Music, Mercedez Benz, dan Microsoft News Center. Tak hanya itu, selebriti papan atas dunia seperti Beyonce dan Katy Perry pun menggunakan platform WordPress untuk website pribadi mereka. WordPress pun menjadi pilihan utama bagi pemilik toko online dan perusahaan untuk menjalankan operasi mereka.

Apa Saja Kelebihan WordPress?

Setelah mengetahui apa itu WordPress, Anda juga perlu mengetahui kelebihan yang dimiliki, yaitu:

1. Ramah Bagi Pengguna

WordPress mudah digunakan siapa saja, baik pemula maupun yang sudah mahir. Hal ini dikarenakan tampilan muka yang dilengkapi fitur-fitur sederhana mudah dimengerti oleh pengguna.

2. Memiliki Komunitas yang Besar

Karena mempunyai pengguna yang begitu banyak, komunitasnya pun tidak sedikit. Komunitas dan forum diskusi WordPress banyak tersebar di seluruh dunia. Jadi, Anda dapat memanfaatkannya untuk mendiskusikan permasalahan terkait pengoperasian platform ini.

3. Tutorial Mudah Didapatkan

Pengguna yang banyak memungkinkan Anda mudah memperoleh tutorial WordPress di internet. Hal-hal yang ingin Anda ketahui tentang cara menggunakan WordPress dapat diperoleh dengan mudah dengan mengetik kata kunci pada mesin pencari. Tinggal bagaimana menyaring tutorial yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Setelah sobat mengetahui tentang apakah wordpress itu silahkan sobat baca artikel selanjutnya tentang cara menginstal wordpress

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang apa itu WordPress. Semoga ulasan ini dapat sedikit membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *