Perbedaan Pickup Aktif dan Pasif

Membeli barang apalagi hal yang krusial, diperlukan sederet pengalaman yang cukup untuk mengetahui sisi positif dan negatif dari pemakaian barang-barang tertentu. Jika Anda adalah salah satu pengguna aktif alat musik khususnya gitar, maka sudah tidak asing lagi dengan istilah Pickup. Pickup terdapat dua jenis, yaitu pickup aktif dan pasif. Banyak orang yang bingung terkait pemilihan dua jenis ini. Apa saja perbedaan pickup aktif dan pasif?

Apa yang menjadi pertimbangan, dan apa perbedaannya, hanya orang-orang berpengalaman yang mengetahuinya. Namun sekarang tidak perlu khawatir, karena dengan adanya referensi di internet seperti artikel yang sedang Anda baca sekarang, Anda bisa mengetahui informasi dengan cepat. Merk mana saja yang direkomendasikan, lebih perlu memilih pickup aktif atau pasif, hingga harga-harga di berbagai tempat.

Untuk itu kami akan paparkan lebih jelas perbedaan pickup aktif dan pasif.

Perbedaan Pickup Aktif dan Pasif, pengertian pickup aktif dan pengertian pickup pasif
sebuah pickup gitar

Pengertian Pickup Pasif

Untuk memahami perbedaan pickup aktif dan pasif, kami akan menjelaskan pickup pasif dahulu. Pickup pasif merupakan pickup yang pertama kali diciptakan. Kendati begitu, pickup pasif masih digunakan hingga saat ini. Pickup ini sering digunakan para gitaris dalam musik-musik yang bergenre ‘empuk’ dan santai. Contohnya adalah jazz, blues dan slow rock.

Pengertian Pickup Aktif

Langkah selanjutnya untuk mengetahui perbedaan pickup aktif dan pasif adalah arti dari pickup aktif. Berbeda dengan pickup pasif, pickup aktif adalah versi baru yang memerlukan baterai. Pickup aktif memiliki power yang cukup besar, sehingga kerap kali dipilih dari pada pickup pasif.

Kekuatan pickup aktif ada pada penciptaan distorsi dari ampli yang digunakan. Pickup aktif mulai dikenal di era 80-an dan masih laris digunakan hingga saat ini, khususnya para gitaris bergenre metal.

Baca juga

Perbedaan Pickup aktif dan Pickup pasif

Perbedaan yang utama adalah di bagian baterai. Pickup aktif membutuhkan daya baterai sebesar 9 volt, sedangkan pickup pasif tidak memerlukan bantuan dari baterai. Beberapa hal lain yang membedakan keduanya adalah…

Output

Output dari pickup aktif mempunyai kekuatan yang lebih besar ketimbang pickup pasif. Itu bukan berarti pickup pasif tidak lagi laris, karena semuanya bergantung pada preferensi masing-masing.

Dinamika

Pickup pasif diakui masih lebih responsif dalam dinamika picking. Gampangnya, suara yang keluar akan terdengar sama seperti picking yang Anda lakukan. Sedangkan pickup aktif mengeluarkan suara yang terkesan datar dan rata di outputnya.

Noise

Pickup pasif lebih tradisional, karena jenis magnet dan jumlah lilitan yang masih terbilang lebih banyak dari pickup aktif. Pickup pasif dinilai lebih sensitif terhadap noise yang ada daripada pickup aktif. Banyak gitaris yang berpindah ke pickup aktif karena hal ini.

Itu tadi penjelasan perbedaan pickup aktif dan pasif. Kami juga telah memaparkan perbedaan yang menonjol diantara keduanya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat memahami pickup aktif dan pasif, serta mengetahui apa yang menjadi kebutuhan untuk gitar kesayangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *