Perbedaan Kategori dan Tag

Tag merupakan fitur baru dari WordPress untuk mengelompokkan konten. Sebelumnya, WordPress hanya memiliki fitur Kategori untuk fungsi tersebut. Kegunaan tag tidak jauh berbeda dengan kategori. Namun, ada perbedaan kategori dan tag yang harus Anda perhatikan.

Kategori berfungsi untuk mengelompokkan topik secara umum. Sedangkan tag digunakan untuk mengelompokkan artikel dalam informasi lebih khusus. Tanpa memanfaatkan tag, Anda dapat memisahkan artikel ke dalam kelompok, tetapi daftar yang dibuat akan menjadi sangat panjang. Dengan tag, daftar kategori dapat dibuat menjadi lebih ringkas dan tertata.

Perbedaan Kategori dan Tag

Dengan demikian, kegunaan tag dan kategori hampir sama, yaitu mengelompokkan artikel sesuai dengan topiknya. Penggunaan tag dapat dikatakan sebagai pilihan pengguna, tetapi posting harus dimasukkan ke dalam kategori agar tampilan blog tampak rapi.

Pengaturan kategori dapat dilakukan pada hierarki pada blog. Namun, tag berdiri sendiri dan tidak memiliki keterikatan dengan komponen yang lain.

Penggunaan tag dan kategori dapat meningkatkan kemungkinan pengguna mendapati konten Anda. Namun, Anda juga tidak menginginkan konten di luar kelompok muncul pada pencarian atau topik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membatasi jumlah tag pada daftar tag publik. Idealnya tag yang digunakan tidak lebih dari 5 dan tidak lebih dari 3 kategori untuk 1 artikel.

Sementara itu, situs bantuan WordPress menyarankan penggunaan tag dan kategori antara 5-15 dengan kombinasi antara keduanya. Penggunaan kategori dan tag yang seimbang dapat menjadikan susunan konten Anda lebih tertata dan mudah dilacak oleh pengunjung. Contohnya jika Anda mempublikasikan artikel dalam kategori ‘penyakit’, terlihat URL seperti:

http://example.com/category/penyakit/

Sedangkan artikel sama yang menggunakan tag penyakit akan menjadi:

http://example.com/tag/penyakit/

Jika Anda mempublikasikan artikel dengan kategori ‘penyakit’ dan tag ‘batuk’, maka URL nya akan menjadi:

http://example.com/category/penyakit/

http://example.com/tag/batuk/

Itulah penjelasan tentang perbedaan kategori dan tag.  Pada dasarnya keduanya diciptakan untuk menjadikan konten pada website Anda lebih terorganisasi dan mudah ditemukan.

Baca juga Perbedaan Pos dan Laman

Kategori wajib digunakan, sementara tag dapat bersifat sebagai pelengkap saja. Semoga ulasan singkat ini menambah pemahaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *