Menyaring Komentar Spam

Menyaring Komentar Spam

Pengaturan default WordPress memungkinkan pengunjung untuk menuliskan komentar pada kolom yang tersedia pada setiap post. Namun, kolom komentar kerap diisi oleh spammer. Mereka menggunakan perangkat khusus untuk menuliskan komentar dan tautan ke situs mereka. Tak hanya blog pribadi, spammer juga menyerang WordPress yang sudah terkenal. Menyaring komentar spam sangat penting untuk melindungi performa blog Anda.

Komentar spam dapat memberikan dampak buruk bagi blog. Pertama, pembaca menjadi terganggu dengan adanya komentar tersebut. Sebagai pengelola blog, pekerjaan Anda pun bertambah yaitu menghapus komentar-komentar spam pada setiap postingan. Selain itu komentar spam juga membuat kredibilitas blog menurun pada mesin pencari.

Komentar spam juga bisa mengakibatkan bandwidth dan penggunaan resource naik, bahkan memengaruhi posisi situs Anda pada mesin pencari.

Baca juga

Ada banyak plugin yang dapat membantu menyingkirkan komentar spam, seperti Akismet. Namun, jika Anda tidak memiliki plugin ini, Anda dapat menyaring komentar spam dengan cara di bawah ini

Cara Menyaring Komentar Spam

  1. Buka dashboard admin WordPress – Setting – Discussion
  2. Selanjutnya akan muncul konfigurasi dasar bagaimana komentar ditampilkan pada setiap post atau pege web Anda. Atur sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  3. Scroll ke bawah, kemudian tentukan kata-kata apa saja yang ingin Anda masukkan sebagai komentar spam.
  4. Setelah selesai melakukan pengaturan, klik Save Changes pada bagian paling bawah. Penyaring komentar spam pun berhasil Anda aktifkan.

Cara ini cukup efektif karena tidak memakan banyak source, sehingga Anda dapat melakukannya ke beberapa website yang dikelola dengan mudah.

Di samping menjalankan tutorial di atas, Anda juga harus aktif mencegah komentar spam muncul kembali. Caranya dengan mengaktifkan moderasi dan profil orang yang mengirim komentar, menggunakan alat anti-spam, menggunakan tag nofollow, dan mencegah konten yang tidak terpercaya muncul pada hasil penelusuran.

Anda pun perlu bekerja sama dengan komunitas Anda, menggunakan black list untuk mencegah komentar berulang dari profil yang sama, dan rajin memantau situs Anda.

Dengan membaca tutorial menyaring komentar spam ini, semoga Anda dapat menghindarkan blog Anda dari komentar spam yang mengganggu.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Blogging

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *