Mengenal dan Memahami Jenis Gitar Serta Penggunaannya

Mengenal dan Memahami Jenis Gitar Serta Penggunaannya

Selama ini gitar menjadi salah satu alat musik yang cukup terkenal. Memang bentuk gitar dapat terlihat sama dan tidak memiliki perbedaan berarti. Namun sebenarnya ada banyak jenis gitar yang berbeda-beda. Untuk memahami perbedaan ini maka perlu lebih mengenal dan memahami jenis gitar.

Kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam bentuk dan jenis gitar. Tujuannya adalah supaya dapat lebih memahami perbedaan yang hadir antar gitar. Ada gitar apa saja sebenarnya? Mari simak secara lebih lanjut ulasannya di bawah ini.

Setapak Mengenal dan Memahami Jenis Gitar

Ada berbagai macam jenis gitar di dunia. Setiap jenis memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Bagi yang hobi bermain gitar tak ada salahnya untuk lebih mengenal dan memahami jenis gitar agar dapat memahami gitar mana yang dirasa paling cocok dan sesuai untuk digunakan.

Baca juga

Penasaran ada gitar apa saja yang hadir di dunia? inilah beberapa jenis gitar yang harus dipahami oleh para penggunanya.

Gitar Elektrik

Alat musik yang satu ini sebenarnya banyak ditemui. Bagi penikmat konser musik misalnya panggung tak dapat lepas dari kehadiran gitar yang satu ini. Tapi, tahukah apa perbedaan gitar ini dengan gitar yang lain?

Gitar elektrik biasa digunakan untuk bermain jazz, pop, blues hingga rock. Untuk mendapat suara yang lebih kencang biasanya dilakukan dengan mengatur bagian amplifier. Perbedaan juga tak hanya hadir dari perbedaan amplifier saja. Namun juga pada bagian senar.

Mengenal dan Memahami Jenis Gitar Serta Penggunaannya
gitar listrik

Senar dari gitar yang satu ini biasanya tipis serta lebih berat. Selain itu hal gitar ini sebenarnya juga memiliki bobot yang lebih terasa berat jika dibandingkan gitar yang lain. Bagaimana dengan suara yang dihasilkannya? Pengguna gitar ini akan memperoleh suara kencang yang cenderung ‘kasar’.

Gitar Akustik

Selanjutnya yang akan dibahas adalah gitar yang banyak ditemui di tempat bermain musik akustik. Gitar yang dimaksud tentu saja gitar akustik. Ini menjadi jenis gitar yang banyak disukai masyarakat. Tak hanya karena mudahnya menemukan gitar jenis ini, namun di sisi lain juga harganya yang dinilai cukup terjangkau.

Mengenal dan Memahami Jenis Gitar Serta Penggunaannya
gitar akustik

Gitar akustik sebenarnya dibagi menjadi 2 jenis gitar lagi, yaitu gitar akustik dan gitar klasik. Ada perbedaan mencolok yang hadir dari kedua tipe gitar akustik ini. Dimana gitar klasik memiliki ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan gitar akustik.

Gitar Archtop

Varian gitar selanjutnya adalah gitar Archtop. Jenis gitar yang satu ini memiliki ciri khusus yaitu hadirnya lubang yang bentuknya persisi seperti biola. Jenis gitar yang satu ini banyak menjadi favorit musisi Jazz yang ada di dunia.

Hal ini tak mengherankan ketika musik yang dihasilkan dari gitar ini dinilai cocok dengan nuansa musik Jazz. Tak hanya musik yang dihasilkannya yang cocok dengan Musik Jazz, namun visual dari gitar cantik ini juga dipandang sesuai untuk musik tersebut.

Baca juga

Kita sudah sedikit mengenal dan memahami jenis gitar melalui ulasan di atas. Selain jenis gitar tersebut, masih ada banyak jenis gitar lain yang dapat ditemukan. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kegunaan atau selera pemiliknya.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam musik

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *