Mengatasi Link Error di WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten yang kuat. Baca Apa Itu WordPress?. Meski demikian, kadang-kadang terjadi link error ketika melakukan perubahan sehingga muncul pesan Error 404 saat diakses. Di bawah ini akan dibahas tentang penyebab dan cara mengatasi link error di WordPress.

[ez-toc]

Error 404 merupakan respons yang muncul karena server tidak menemukan konten yang diminta ketika pengunjung mengakses konten tersebut.

Penyebab Error 404 umumnya karena file .htaccess terhapus atau terdapat kesalahan di sana, sehingga ketika URL diakses akan mengarah ke tautan yang tidak ditemukan atau 404.

Mengatasi Link Error di WordPress

Cara Mengatasi Link Error di WordPress

Biasanya, admin WordPress masih dapat diakses meskipun muncul Error 404 ketika mengetikkan URL tertentu pada kolom alamat di browser. Untuk mengatasinya, Anda harus memperbaiki konfigurasi permalink pada situs.

Pilih menu Settings – Permalinks, setelah login ke admin WordPress Anda. Selanjutnya pilih tombol Save Changes tanpa melakukan perubahan di dalamnya.

Langkah tersebut secara otomatis akan memperbarui konfigurasi permalinks dan konfigurasi rewrite yang sudah dibuat saat ini.

Baca juga

Jika cara ini belum berhasil, Anda harus memperbarui file .htaccess secara manual. Anda dapat menggunakan FTP atau file manager pada C Panel untuk mengubah file .htaccess.

File tersebut berada di home root directory website wordpress Anda. Satu lokasi dengan folder wp-content dan wp-includes. Setelah file ditemukan, ubah file .htaccess menjadi htaccess.old dan buatlah file .htaccess yang baru. Pada file baru, isikan skrip standar WordPress seperti di bawah ini:

# BEGIN WordPress

<IfModule mod_rewrite.c>

RewriteEngine On

RewriteBase /

RewriteRule ^index\.php$ – [L]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

RewriteRule . /index.php [L]

</IfModule>

# END WordPress

Simpan dan pastikan nama file yaitu .htaccess. Sesudah itu, coba jelajahi kembali situs Anda melalui browser. Jika sudah tidak dijumpai link error, artinya langkah tersebut berhasil.

Baca juga Cara Membuat Peta Situs wordpress

Demikian tutorial mengatasi link error di WordPress yang dapat Anda coba. Semoga cara di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *